Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Makna Guru dalam Konsep MIBS

Arti dari kata Guru memiliki banyak makna disetiap murid atau siswa yang pernah diajarkannya. Setiap siswa pasti memiliki definisinya sendiri tentang pertanyaan “Apa arti guru bagimu?”. Sebab dari banyak penafsiran ini karena momen dan kenangan yang dibuat oleh siswa dan guru berbeda-beda. Namun pada akhirnya mereka tetap sama, merindukan seorang guru bahkan ketika siswa itu sudah dewasa, mereka ingin kembali lagi untuk bersekolah dengan segala kenangan yang baik ataupun buruk. Mereka merindukannya.

Guru juga ternyata memiliki banyak bahasa, seperti ibu, bapak ataupun kerabat yang sebenarnya mereka adalah guru dalam hidup kita. Menuntun kita untuk kehidupan yang lebih baik serta menjadi manusia yang baik. Bahkan kita tidak sadar bahwa bahasa guru ini telah merasuki dalam jiwa kita, seringkali kita menganggap teman hanya sekedar teman, sosok ibu dikenal sebagai ibu dan bapak dikenal juga sebagai bapak. Tapi ternyata mereka juga adalah Guru bagi kita.

Guru juga ternyata memiliki banyak bahasa, seperti ibu, bapak ataupun kerabat yang sebenarnya mereka adalah guru dalam hidup kita.

Mega Islamic Boarding School

Seorang guru adalah kita. Siapa sangka bahwa ternyata makna guru juga ada di dalam diri kita, dalam bahasa sansakerta gu adalah kegelapan dan ru dimaknai sebagai cahaya. Kita adalah guru yang selalu berjalan ke arah ‘cahaya’. Saat manusia telah lahir ke dunia ini, pada mulanya kita adalah gelap, tidak memiliki pengetahuan, dalam hal ini kita masih belum memiliki arah kemana hidup kita akan berjalan. Selama ia menjalani banyak kehidupan ia telah menjadi ‘ru’ atau menuju cahaya. Saat ini manusia memahami kemana arah ia akan pergi dan tujuan apa yang ia akan raih.

Guru adalah setiap manusia yang berjalan terus menerus ke arah ‘cahaya’.

Mega Islamic Boarding School

Proses transformasi manusia dari ‘gu’ ke arah ‘ru’ atau gelap menuju terang berjalan terus menerus tanpa henti dapat dikatakan sebagai proses long-life education. sebuah proses yang ditanam oleh konsep sekolah MIBS dalam menjalankan konsep Committed To Lifelong Learning In A Caring Environment. Sekolah MIBS berkomitmen untuk menjalankan konsep pendidikan jangka panjang dalam lingkungan kasih sayang. Sebuah konsep sekolah yang dibutuhkan di abad 21 ini, Sebuah sekolah yang tidak berhenti ketika siswa sudah lulus sekolah, tapi sekolah yang akan selalu menemani hingga akhir hayat mereka.[gs]