Selamat Datang
Career Planning Assement

Program Career Planning Assement adalah program pemetaan untuk setiap siswa mitra sekolah Mega Islamic Boarding School dalam memetakan siswanya dengan pengunaan teknologi Mega Cloud Technology.

Career Planning
Mega Islamic Boarding School

Inventori adalah satu alat untuk membantu mengumpulkan data, menilai ada/tidak adanya tingkah laku, minat, sikap tertentu, dan beberapa data lainnya. Biasanya inventaris ini berbentuk daftar pertanyaan yang harus dijawab atuapun pernyataan yang harus diisi sesuai dengan kondisi siswa.

 

Ditinjau dari segi diungkapkannya data, maka sifat dari tekhnik ini adalah approach self report, sebab individu (peserta didik) dengan inventoris itu dapat menyatakan segala aspek-aspek kepribadian penyesuaian secara bebas (dalam mengisi) dan terarah (diarhakan dalam pertanyaan dan pernyataan untuk mengumpulkan data sesuai tujuan per-gradenya).

 

Adapun bentuk dari inventori tersebut dapat berupaa questionnaire (angket), check-list atau  rating scale. Dengan instrument ini diharapkan siswa dapat menunjukkan bagaimanay biasanya ia merasa, bagaimana ia bersikap, berbuat dan mengerjakan sesuatu. Berdasarkan tujuan-tujuan itu maka kita mengenal adanya berbagai jenis inventori seperti: personality inventories, interest inventories, dan attitude inventories.



Tes pemetaan akademis diberikan untuk mengetahui kemampuan akademis siswa. Komponen dari tes pemetaan akademis adalah matematika, bahasa inggris,IPA dan Pendidikan agama Islam. Hasil tes ini nantinya akan digunakan untuk mempersiapkan siswa untuk bisa lebih berkembang lagi dalam pendampingan belajarnya.

 MBTI (MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR) – Tujuan utama tes ini adalah memahami pribadi secara obyektif. Disebut obyektif karena orang yang memberikan feedback maupun hasil kuesioner tersebut, akan mengacu pada suatu standar tertentu, atau membandingkannya dengan populasi tertentu.

MBTI berguna untuk mengenali perilaku dalam memperoleh dan memproses informasi, mengambil keputusan, dan cara seseorang berhubungan/melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar. MBTI mengukur pilihan, bukan kecakapan, kemampuan atau pengembangan diri yang dicapai. MBTI bersifat deskriptif, bukan bersifat menentukan. MBTI didasari oleh orientasi kekal, bukan penekanan yang bersifat sementara.

Gaya Belajar, berbentuk checklist pernyataan yang akan diisi siswa yang berfungsi memetakan kebiasaan belajar guna mengetahui tipe belajar siswa.GAYA BELAJAR TERDIRI DARI 4 MACAM: AUDIO, VISUAL, KINESTETIK, MULTI MODALITAS

 

Siswa SD/MI

Program Career Planning Assement untuk siswa SD/MI

Siswa SMP/MTs

Program Career Planning Assement untuk siswa SMP/MTs