Selamat Datang di Character Education

Sekolah Mega memiliki Guidance department yang mempersiapkan program pembentukan karakter dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan karakter yang ada di sekolah. Program tersebut mencakupi seminar, diskusi grup dan pertemuan secara langsung antara guru, siswa, dan orang tua. Wali Kelas, siswa, dan orang tua perlu untuk bekerjasama dengan baik dalam membantu siswa mencari solusi untuk kendala pembelajaran dan menambah motivasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah supaya bisa membentuk karakter yang bagus dalam diri siswa.

Sistem Bimbingan

Bimbingan selama pembelajaran akan dilaksanakan oleh:

Konselor bertanggung jawab secara umum atas program bimbingan yang dilaksanakan di sekolah. Konselor juga berkoordinasi dengan wali kelas, pembina asrama, career planner, dan Parents club coordinator dalam melaksanakan dan mengevaluasi program bimbingan secara umum.

Wali kelas adalah guru yang akan mendampingi kelas tertentu dalam satu tahun ajaran. Segala permasalahan siswa akan diketahui dan dikonsultasikan kepada wali kelas untuk diselesaikan. Wali kelas pada umumnya membagi kelas ke dua atau tiga grup sesuai dengan karakter siswa supaya lebih mudah dalam melakukan pendampingan.

Selain wali kelas, dalam sebuah kelas juga mempunyai pembina asrama yang bertugas membantu wali kelas dalam mendampingi siswa.  Pembina asrama adalah mahasiswa S1 atau S2 yang masih aktif. Mereka juga berperan dalam menjadi teladan untuk siswa.

Pembina OSIS sekolah Mega bertanggung jawab terlaksananya program-program OSIS yang sudah direncanakan dalam satu tahun akademik. Segala perkembangan dan program kerja yang dilakukan oleh pengurus OSIS dikonsultasikan dan dilaporkan kepada Konselor supaya tujuan umum dari pengembangan karakter itu bisa tercapai dengan baik.

Career Planner adalah guru yang bertugas mendampingi siswa dalam hal prestasi dan pengarahan universitas. Career planning department mendampingi siswa dari kelas 7 sampai kelas 12 dalam mewujudkan cita-cita mereka dan diterima di universitas terbaik di dalam negeri maupun luar negeri.

Parents club coordinator adalah guru yang bertugas membuat program khusus orang tua siswa dalam rangka menjaga kedekatan dan silaturahmi antara sekolah dan orang tua siswa. 

Program motivasi umum ini adalah seminar yang diberikan oleh pembicara profesional yang berbeda-beda tiap minggunya. Seminar ini juga dilakukan secara terpisah antara putra dan putri. Topik yang dibahas dalam seminar adalah topik yang bisa menguatkan karakter siswa dan menjaga motivasi belajar mereka secara seperti kejujuran, bagaimana belajar secara efektif, dan sebagainya.
Diskusi ini dilakukan setiap minggu oleh wali kelas dan pembina. Siswa akan memiliki grup yang berbeda-beda, sehingga jadwal diskusi ini akan berdasarkan grup masing-masing. Topik yang dibahas disini adalah topik keagamaan dan hal yang akan dievaluasi dalam kelas selama pembelajaran satu minggu terakhir.
Pertemuan ini dilakukan oleh wali kelas dan pembina sesuai kebutuhan masing-masing siswa. Tujuan pertemuan ini adalah untuk bisa mengenal siswa secara lebih dekat dan mengetahui latar belakang masing-masing siswa. Pertemuan ini akan dijadwalkan oleh wali kelas masing-masing. Dalam waktu dua atau tiga minggu wali kelas akan menyelesaikan pertemuan satu persatu ini dengan seluruh siswa
Wali kelas beserta pembina asrama menentukan beberapa target dan tujuan dalam mendampingi siswa supaya pembentukan karakter sebagai tujuan awal dari program bimbingan sekolah bisa terwujud. Wali Kelas akan mengkomunikasikan perkembangan siswa secara rutin (mingguan, bulanan, semesteran) ke orangtua siswa. Konselor akan membantu membuatkan laporan yang terstruktur untuk diberikan ke orangtua siswa
Departemen ini adalah departemen khusus untuk mendampingi prestasi siswa yang pada akhirnya akan bertujuan ke universitas. Dimulai dari memetakan minat bakat, karakter, gaya belajar, dan hobi siswa, career planner akan melakukan pendampingan intensif supaya siswa bisa berprestasi dan diterima di universitas yang diinginkan. Program seminar, pertemuan satu persatu, university class preview, bahkan komunikasi dengan orangtua akan dilaksanakan oleh career planner sebagai bentuk pelayanan terbaik untuk siswa. Para alumni terbaik Semesta juga diundang dalam rangka berbagi pengalaman dan menginspirasi siswa dan siswi sekolah supaya bisa berprestasi sama bahkan lebih.
Kegiatan ini akan dilakukan secara setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Club dan ekstrakurikuler bertujuan untuk meningkatkan skill akademis dan non-akademis siswa meskipun mereka melakukan pembelajaran jarak jauh. Contoh dari ekstrakurikuler yang ada adalah publik speaking, paduan suara, puisi, dan masih banyak lagi.

Rancangan program bimbingan kepada siswa dalam bidang pengembangan diri dan karakter siswa. Dalam pelaksanaanya program ini terdiri dari Class Activity, dan Pengembangan Karaker Siswa. Salah satu ciri khas program sekolah kita adalah pada sistem bimbingan yang mengarahkan pada terbentuknya karakter unggul dalam diri siswa. Pada sisi akademik dan non akademik siswa menerima rangkaian program untuk mereka mengarahkan diri sehingga terbentuk minat, bakat, akademik dan non akademik. Pada design development program ini, kegiatan akan terpusat pada pengarahan aktivitas bermakna pada weekend time (sabtu dan minggu) yang besifat ringan, dan melibatkan kegiatan yang bermakna di rumah (mengarahkan kegiatan di rumah yang lebih bermakna selama proses mengisi libur di masa pandemi).

 

 

Menjadi salah satu konsentrasi sekolah dan orang tua siswa memiliki agenda bermakna pada online class, dan selama masa pandemi membantu orang tua mengarahkan kegiatan siswa dirumah untuk melakukan kegiatan yang lebih bermakna sesuai dengan tugas perkembangan yang mereka miliki.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk menjalin kedekatan dan ukhuwah peserta didik dalam satu kelas, memberikan hiburan setelah satu pekan pembelajaran efektif, dan membantu orang tua mengontrol kegiatan positif selama siswa dirumah. Orang tua juga turut andil dalam pemantauan dan penilaian karakter yang terbentuk selama proses belajar dirumah. Tidak dipungkiri dan menjadi konsentrasi bersama adalah siswa 24 jam dirumah, dan membutuhkan bimbingan tidak hanya dalam agenda akademik, akan tetapi kematangan karakter juga harus terbentuk sehingga peserta didik mampu berkontribusi kegiatan positif di rumah. Dan orang tua dapat menilai keefektifan belajar di rumah, serta mampu menilai karakter siswa tumbuh sesuai dengan tugas perkembangannya.

 

 

Secara umum terdapat 2 program yang mendukung pelaksanaan development program untuk siswa social activity dilakukan setiap hari sabtu bersama wali kelas dan Pembina secara daring. Kegiatan ini bersifat santai dan edukatif seperti lomba catur, lomba puisi, lomba pembuatan quote inspiratif, lomba bercerita pengalaman selama pandemic covid 19, pembuatan kerajinan dan kreativitas, dll. Program pendukung kedua yaitu Pengembangan karakter, program ini dilakukan secara lebih santai, non formal, dihari minggu, bekerja sama dengan orang tua, dan merupakan kegiatan pengarahan untuk menunjang family time yang bermakna akan tetapi masih tetap diarahkan untuk peserta didik berkembang sesuai dengan tugas perkembanganya. Contoh program yang akan dilaksanakan siswa adalah kegiatan siswa dalam peran sebagai anggota keluarga seperti membantu orang tua dalam pekerjaan rumah, kegiatan pengembangan skill yang dimiliki mengejari adik suatu karya yang pernah didapatkan ketika belajar disemesta, menata format tempat tidur untuk ramah pembelajaran online, tugas membuat planning belajar online dan dipasang di kamar, seperti community service yang dilakukan dirumah yaitu menginspirasi tetangga dengan poster untuk menjaga protocol kesehatan dll.

Silahkan untuk mengisi form Get Update untuk mendapatkan update dan berita menarik tentang MIBS! 

Get Update